Wednesday 22 July 2015

Tips Menjawab Soal Pilihan Ganda dengan Benar

PILIHAN GANDA - Soal tipe ini biasanya paling disukai oleh siswa. Disediakannya beberapa option / pilihan, sedikit banyak dapat membantu kita mengerjakan soal apabila benar-benar stuck menjawab pertanyaan.
Tips Cerdas Cara Menjawab Soal Pilihan Ganda dengan Benar

Akan tetapi soal pilihan ganda (PG) juga bisa "mematikan" apabila kita tidak hati-hati dan tidak cermat memperhatikan berbagai pilihan yang ada. Terkadang pilihan jawaban terlihat sama-sama benar, akan tetapi hanya ada satu jawaban paling benar.

Nah kali ini kita akan membahas tips cara menjawab soal pilihan ganda dengan benar.

1. Membaca Doa :)

Serius, baca doa sebelum melakukan sesuatu itu penting. Disamping agar diberi kelancaran dan kemudahan dalam menjawab soal, berdoa juga mampu meningkatkan percaya diri kita saat mengerjakan soal.

2. Perhatikan aturan menjawab soal pilihan ganda.

Ini nih yang sering dilewatkan oleh kita. Yap, membaca aturan. Aturan dan petunjuk pengerjaan soal pilihan ganda harus dibaca dulu sebelum mengerjakan soal.
Tips Cerdas Cara Menjawab Soal Pilihan Ganda dengan Benar

Aturan yang diperhatikan baik berupa cara pengisian (silang, centang, lingkaran, dll), waktu yang disediakan, cara perbaikan jawaban, dan aturan teknis pengerjaan lainnya.

Apa yang terjadi coba apabila kita sudah terlanjur menghabiskan waktu untuk mengerjakan soal tetapi ternyata cara menjawab kita tidak sesuai aturan? Tentu gak kebayang panik kita, apalagi saat mengerjakan soal-soal ujian yang penting seperti Ujian Nasional.

Waktu yang disediakan juga harus menjadi perhatian kita. Karena jangan sampai kita terlalu santai sehingga kita kekurangan waktu dan tidak dapat menyelesaikan soal yang disediakan. Jangan juga kita terburu-buru sehingga kita menyisakan waktu dengan percuma.

Kalau menurut saya usahakan agar kita mampu menjawab semua soal hingga menyisakan waktu 10-20 menit untuk mengkoreksi kembali jawaban kita.

3. Kerjakan soal mudah terlebih dahulu.

Memasuki tahap menjawab soal pilihan ganda. Baca dengan cepat dulu tiap soal, sortir soal-soal yang mudah dan kamu kuasai. Mulai kerjakan soal-soal yang pasti jawabannya.

Usahakan untuk bisa membaca semua soal dulu, sambil mengerjakan soal yang mudah. Setelah soal mudah selesai. Ulangi soal dari awal untuk soal yang belum terjawab. Baca dengan seksama dan mulai berpikirlah dengan keras :)

4. Seleksi pilihan jawaban.

Soal tipe pilihan ganda memiliki keuntungan yaitu disediakannya pilihan jawaban. Jadi pasti ada satu jawaban benar yang telah disediakan. Saat kita mulai menemukan soal yang sulit. Maka, langkah selanjutnya adalah memilah-milah pilihan jawaban.
Tips Cerdas Cara Menjawab Soal Pilihan Ganda dengan Benar

Anda bisa mulai mencoret pilihan jawaban yang paling tidak mungkin dengan pertanyaan. Kemudian fokus pada sisa jawaban tersisa.  Biasanya saat tersulit adalah ketika tinggal menyisakan 2 kandidat jawaban :D. Apalagi jika keduanya serupa dan kita anggap sama-sama benar. Kalau memang terjadi demikian, maka coba untuk fokus pada tiap kata dan makna yang terkandung pada pilihan jawaban tersebut dan pilihlah satu terbaik yang sesuai dengan pertanyaan.

5. Gunakan pembulatan untuk soal perhitungan.

Nah, ini nih yang paling ane tak suka, soal perhitungan. Kalau untuk soal perhitungan walaupun tipe pilihan ganda tetaplah susah. Kita harus tetap tahu rumus dan aplikasi perhitungannya. Tapi tipsnya adalah gunakan pembulatan jika menemui bilangan desimal pada soal perhitungan.

6. Perhatikan psikologi pembuat soal

Kalau yang ini sudah main feeling nih. Misalnya jawaban yang kita isikan pada lembar jawaban memiliki pola khusus, terdapat pilihan jawaban semua benar, terdapat pilihan jawaban yang kalimatnya jauh lebih panjang daripada pilihan jawaban lainnya, serta terdapat ralat soal dan jawaban. Biasanya pada kasus-kasus demikian kita akan mudah menentukan jawaban yang tepat.


Tarraaaaaa.. Kini soal pilihan ganda anda sudah selesai, jangan lupa ucap Alhamdulillah.. :)
Bagaimana Tips Cara Mudah Menjawab Soal Pilihan Ganda dari saya? Kalau bermanfaat silahkan share. Jika anda memiliki tips yang lain silahkan tulis dikomentar !!
Load disqus comments

0 comments