Tuesday 21 July 2015

Tips Membuat Slide Presentasi Menarik, Efektif dan Tidak Membosankan

Tips Cara Mudah Membuat Presentasi Menarik, Efektif dan Tidak MembosankanPRESENTASI- Sebuah cara memaparkan sesuatu hal yang hendak disampaikan kepada audience. Di zaman digital ini kebutuhan akan penggunaan presentasi semakin meningkat. Presentasi dibuat oleh guru atau murid untuk menunjaang pembelajaran, para trainer dan kosultan untuk mendukung sebuah diskusi, dll.

Namun, sayang sekali banyak dari kita sering asal-asalan dalam membuat presentasi. Padahal jika kita mampu mengoptimalkan slide demi slide presentasi kita maka audience/penonton akan lebih tertarik dan memahami apa yang kita bicarakan.

Untuk menciptakan sebuah presentasi yang baik salah satu kunci utamanya adalah orientasi kepada penonton. Intinya, bagaimana kita mampu menyajikan slide-slide yang tidak membosankan, menarik, dan mudah dimengerti oleh penonton. Lalu bagaimana cara menyajikan slide presentasi yang demikian? Berikut akan coba saya simpulkan tips cara membuat presentasi menarik, efektif dan tidak membosankan.

1. Judul Ringkas dan Menarik

Judul merupakan elemen dasar yang pertama menjadi acuan saat membuat presentasi. Judul pada presentasi biasanya ditempatkan pada slide pertama. Pemilihan judul sebaiknya ringkas dan menarik serta tetap bisa menggambarkan isi keseluruhan dari presentasi kita.

Misalnya : 
"Tips Ternak Lele Mudah dan Menguntungkan" 
"Investasi Cerdas, Hasil Berkualitas"
"Tips Membuat Presentasi Memukau"
dll

2. Gunakan Gambar Ilustrasi

Memasuki bagian isi dari presentasi, alangkah baiknya kita menggunakan gambar ilustrasi yang bisa menggambarkan apa poin / isi yang ingin kita sampaikan. Perlu anda cermati bahwa gambar efektif menyampaikan jutaan kata. Penggunaan gambar yang tepat jauh lebih baik dari teks panjang beralinea-alinea. Dari gambar tersebut anda bisa kembangkan sendiri bagaimana anda mendeskripsikan gambaran tersebut kepada audience. 
Tips Cara Mudah Membuat Presentasi Menarik, Efektif dan Tidak Membosankan

Misalnya untuk menjelaskan letak geografis suatu wilayah anda tidak perlu menuliskan batas timur,batas barat bla-bla-bla. Tetapi cukup tambahkan gambar peta wilayah tersebut yang mencakup wilayah disekitarnya. Maka penonton akan lebih bisa memahami apa yang anda sampaikan.

3. Gunakan Grafik, Tabel, Diagram untuk Beberapa Informasi Tertentu.

Pergunakan fasilitas untuk membuat tabel, grafik, diagram dsb yang ada Ms.Powerpoint yang anda gunakan. Data dalam bentuk tabel,grafik dan diagram biasanya lebih mudah dipahami untuk menampilkan data berupa angka atau data-data yang terstruktur lainnya.
Tips Cara Mudah Membuat Presentasi Menarik, Efektif dan Tidak Membosankan


4. Sajikan Poin-Poin Penting 

Sekali lagi, teks yang beralinea-alinea dalam presentasi terkesan sangat membosankan dan tidak efektif. Jadi sebaiknya anda ambil poin-poin penting dari teks tersebut kemudian anda bisa kembangkan sendiri saat menyampaikan presentasi.
Tips Cara Mudah Membuat Presentasi Menarik, Efektif dan Tidak Membosankan


5. Pemilihan Jenis dan Ukuran Font yang Pas

Jenis font tidak perlu gimana-gimana, jangan sampai terkesan alay. Cukup gunakan font standar seperti Times New Roman, Arial, Calibri dsb. Ukuran font diatur sedemikian rupa ( jangan terlau besar atau terlalu kecil ) agar penonton paling belakang bisa melihat dengan jelas presentasi anda.

6. Pemilihan Warna yang Ringan Dimata

Pemilihan warna perlu diperhatikan. Mulai dari background harus kontras dengan warna font, agar pembaca dapat dengan jelas membaca tulisan pada presentasi kita. Misalnya untuk background berwarna putih maka pilih warna font hitam. 

Warna-warna penunjang lain yang digunakan untuk mendukung tampilan presentasi baiknya menggunakan warna-warna soft, seperti biru, hijau, kuning, merah muda dsb

7. Desain Sederhana dan Elegan

Terakhir, bungkus presentasi anda dengan desain yang menarik, sederhana dan elegan. Inti yang terpenting dari mendesain slide adalah agar konten yang disajikan lebih menarik. Jangan sampai saat mendesain slide misalnya dengan animasi malah menfokuskan perhatian penonton pada animasi tersebut bukan kepa konten/isi presentasi yang kita sajikan.

Nah, Itulah 7 tips cara membuat Presentasi Menarik, Kreatif, Efektif dan Tidak Membosankan. Semoga bermanfaat!! Jangan lupa tinggalkan komentar..
Load disqus comments

0 comments