Tuesday 24 January 2017

Cara Belajar yang Efektif untuk Menguasai Banyak Materi

Bismillah pingin berbagi dan ajar menulis di blog nugrohotips.id ini. Kalau biasanya materi yang saya posting di blog ini berupa materi yang saya dapat dari hobi saya membaca buku, kali ini saya akan coba menuliskan berdasarkan pengalaman saya sendiri. Yahh walaupun pengalaman saya belum seberapa, tapi dengan yang sedikit itu semoga dapat banyak memberi manfaat untuk teman-teman semua.

Cara Belajar yang Efektif- topik ini sering menjadi bahan pemikiran saya pribadi bagaimana menemukan formula cara belajar yang efektif itu sendiri. Terus terang saya dihadapkan pada permasalahan belajar ini mulai dari SD, SMP, SMA hingga Kuliah.

Cara Belajar Efektif
Mungkin tips ini merupakan akumulasi proses menemukan pola belajar yang efektif sejak dulu. Diawali mungkin saat saya dihadapkan pada perlombaan OSN (Olimpiade Sains Nasional) IPS di tingkat SMP, waktu itu materi IPS dapat dikatakan materi terbanyak daripada mata perlombaan yang lain. Materi yang diujikan pada OSN SMP bidang IPS meliputi Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi. Kebayang kan betapa banyak materi yang harus dikuasai? Hal itu berlanjut saat saya dihadapkan pada OSN SMA bidang Geografi. Yaa lagi-lagi saya harus mengusasai materi geografi yang juga dapat dikatakan materinya dari inti bumi hingga ujung langit dan seluas hamparan permukaan bumi. MasyaAllah, banyak banget deh pokoknya. Nah belum lagi dalam menghadapi UN yang pasti kalian rasakan sebagai seorang pelajar di Indonesia (selama UN belum dihapus:D isunya kan gitu hehe). Materi UN juga tergolong banyak sekali, tapi kalau ini memang prosesnya lebih terstruktur dan tersistem oleh sekolah/institusi pendidikan dengan baik.

Oke lalu dari pengalaman yang cukup panjang itu saya menemukan beberapa tips / trik cara belajar yang efektif untuk mengusai banyak materi pembelajaran. Berikut akan saya bahas tips belajar yang efektif tersebut.

Cara Belajar Efektif Menguasai Banyak Materi 


Belajar merupakan proses mempelajari dan memahami sesuatu. Dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, yang semula tidak bisa menjadi bisa. Proses belajar ini akan berlangsung dari awal kelahiran manusia hingga akhir hayatnya.
Cara belajar yang akan saya bahas disini mungkin cakupannya lebih sempit menyangkut belajar dalam memahami materi pelajaran di sekolah, karena proses belajar sendiri sejatinya luas dalam kehidupan ini. Kemudian materi ini juga kemungkinan bersifat subjektif karena ini sesuai pengalaman saya dan mungkin bisa saja tiap orang memiliki cara belajar yang berbeda sesuai karakterik individunya.

1. Ketahui dan Tuliskan Daftar Materi yang Harus Anda Kuasai.


Hal pertama yang mesti kalian persiapkan adalah mengetahui daftar materi yang harus anda kuasai. Ini biasanya kita kenal dengan sebutan kisi-kisi materi ujian. Misalnya anda ingin belajar dalam perlombaan OSN Geografi, maka anda harus mencari Kisi-kisi materi OSN Geografi. Kemudian kalau anda ingin belajar dalam mengahadapi Tes SBMPTN, maka yang pertama harus anda siapkan adalah anda harus tahu apa sih yang akan diujikan di SBMPTN tersebut, nah lihatnya ya di kisi-kisinya.

Tujuannya apa kita mengetahui kisi-kisi ujian? Tentu kisi-kisi ini berguna agar proses pembelajaran kalian terarah, sesuai dengan soal yang akan dikeluarkan saat ujian nanti. Kemudian juga agar apa yang kalian pelajari itu runtut dan sistematis, tidak melewatkan materi-materi yang harus dipahami.

Sampai langkah pertama aja, mungkin banyak dari kalian yang melewatkan proses ini. Padahal ini adalah proses yang penting agar proses belajar kalian kedepannya lebih efektif baik dari segi waktu tenaga, pikiran dan seterusnya.

Lalu kalau gak ada kisi-kisinya gimana kak? Memang kadang dalam beberapa ujian guru/ instasi terkait tidak/belum mengeluarkan kisi-kisi secara resmi. Tapi poin-poin materi ini bisa kalian buat sendiri kok, tentunya sesuai dengan materi yang pernah dijelaskan atau didapat sebelumnya.

2. Kumpulkan Seluruh Materi yang Terkait dengan Daftar Materi Tersebut.


Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan materi sesuai langkah awal. Hal ini dilakukan karena bisa jadi materi yang kita punya belum lengkap sesuai  dengan kisi-kisi ujian. Maka dari itu, perlu adanya crosscheck terhadap materi yang kita miliki dan segera melengkapinya bisa dari buku catatan, buku cetak, ebook, internet, pinjam catatan teman, tanya guru, dan seterusnya.

Hal ini pernah terjadi saat saya menghadapi OSN Geografi tahun 2015 yang lalu, saat itu saya merasa sudah banyak sekali belajar tetapi masih ada juga subbab-subbab yang belum saya pelajari. Hingga saya pun berburu materi kesana-kemari untuk segera melengkapi materi yang saya punya. Mulai dari tanya guru pembimbing, kakak kelas, para medalis-medalis terdahulu, searching internet dan lain-lain.

3. Susun Paket Materi Belajar sekreatif Anda.


Langkah ketiga adalah menyusun materi yang sudah anda miliki menjadi beberapa paket materi belajar sesuai pola belajar yang anda inginkan. Misalnya dalam satu paket itu terdiri dari satu bab materi pelajaran disertai contoh soal, pembahasan, serta latihan soal.

Paket materi ini bebas sesuai kemauan anda. Anda bisa juga mengurutkan materi yang banyak sekali itu kedalam beberapa sub materi dimulai dari yang termudah atau yang paling anda kuasai. Intinya adalah pada bagian ini saya memberikan tips untuk membagi-bagi kumpulan materi yang anda miliki kedalam bagian-bagian yang lebih kecil agar mudah dipelajari. Lebih-lebih kalau sudah ada buku rangkuman materi, maka itu akan mempermudah kalian dalam proses ini. Sehingga buku rangkuman materi itu sebagai patokan awal pembelajaran kalian, sisanya tinggal kalian perkaya dengan materi lain yang anda miliki.

4. Tentukan Target Waktu Penguasaan Tiap Materi.


Setelah kalian bagi materi-materi pelajaran tersebut, tentukan deadline waktu untuk mengusai materi tersebut. Misalnya saat ini bulan Januari sedangkan OSN misalnya akan diadakan Bulan April, Maka dalam jangka waktu yang ada kalian tentukan minggu ini saya harus mengusai materi apa?, bulan ini saya harus jelas materi apa? dan seterusnya. Jadi dalam tenggat waktu yang ada kalian bisa mempelajari dan menguasai seluruh materi yang akan diujikan.

Waktu ini sangat terkait dengan persiapan kalian juga. Ada mungkin diantara kita yang baru mempersiapkan ujian hanya seminggu sebelumnya, ada yang gak persiapan sama sekali. Tapi ada juga yang mempersiapakan jauh-jauh hari bahkan dicicil sampai setahun, dua tahun sebelumnya (Untuk konteks OSN, SBMPTN, dan ujian2 yang membutuhkan persiapan ekstra lainnya) .

Tapi selalu anda ingat bahwa dalam teori belajar 1 x 5 # 5 x 1 ( 1 kali 5 tidak sama dengan 5 kali 1) artinya bahwa anda belajar 1 jam sekali dalam 5 hari akan lebih baik daripada  anda belajar 5 jam sekali dalam sehari sebelum ujian saja. Jadi semakin lama masa persiapan anda tentu akan lebih baik.

5. Lakukan Proses Belajar dengan Fokus dan Tenang.


Setelah kalian membuat konsep belajarnya, silahkan lakukan proses belajar dengan fokus dan tenang sesuai dengan target belajar yang sudah anda rancang. Jangan lupa sebelum belajar selalu awali dengan basmallah dan doa sebelum belajar agar proses belajar kalian dapat dipermudah, ilmunya dapat ditingkatkan dan segalanya dapat berjalan sesuai dengan keinginan.

Untuk memperdalam proses belajar yang tepat sesuai dengan gaya belajar anda silahkan baca posting sebelumnya.

Setelah menyelesaikan pembelajaran silahkan centang/ checklist daftar materi diawal yang sudah kalian susun. Maka jika anda mampu konsisten dalam melaksanakan rancangan belajar anda maka anda akan menguasai seluruh materi yang ada dengan tepat waktu.

Mungkin cukup itu tips/trik dari saya terkait cara belajar yang efektif untuk mengusai banyak materi. Jika anda suka artikel ini dan dirasa bermanfaat bisa bagikan artikel ini ke teman-teman anda. Jangan lupa komentarnya juga!! hehe terimakasih :)
Load disqus comments

0 comments